• tt
  • tt
  • ac
Posted by : Ridhwan Kurniantoro June 12, 2013

Assalamualaikum kawann, mau bagi2 Ilmu yang ane dapet dari grup Astral Projection Indonesia
Oke Check This Kawann !


    Ada yg tau gak nihhh apa saja yang terjadi saat kita sedang tertidur lelapp ??
saya kasih tau deh kalo belum pada tauu...

Nihh Fenomenanya Beserta Penjelasanya ^_^




1. Hypnic Jerk Atau Sentakkan Hypnic Atau Sleep Starts

    Pernah gak kamu mengalami kejadian dimana ketika kamu sedang
tidur enak-enak, tiba-tiba saja kamu didalam mimpi merasa seakan-akan sedang
terjatuh kedalam jurang yang sangat dalam dan langsung terbangun dalam keadaan
kaget dengan jantung berdebar-debar serta nafas memburu? Penjelasannya adalah
sebagai berikut:

    Dr William Kohler, direktur medis dari Florida Sleep
Institute menyebut fenomena ini dengan istilah hypnic jerk atau Sentakkan Hypnic
atau sleep starts. Artinya adalah gerakan terkejut yang sangat tiba-tiba dan
terjadi saat tidur, sampai membuat seseorang terjaga dan berdebar-debar. Sebanyak
70 persen manusia pernah mengalami fenomena ini saat tidur. Karena sebagian
besar manusia pernah mengalaminya, fenomena ini dinilai wajar oleh para ahlli.
James K Walsh dari St Luke's Sleep Medicine and Research Center mengatakan,
hypnic jerks adalah sangat normal dan bersifat universal. Hal Ini melibatkan
pengalaman seluruh tubuh, yakni saat otot menegang dan bagian tubuh tertentu
atau seluruh badan mengalami hentakan secara tiba-tiba. Biasanya terjadi pada
masa transisi antara sadar dengan sudah tidur. Durasinya sangat singkat, hanya
setengah detik atau malah kurang dari itu. Meski sangat jarang, hypnic jerks
bisa juga diikuti dengan gangguan lain yang disebut Exploding Head Syndrome.
Gejalanya berupa sensasi seperti mendengar ledakan, bunyi simbal atau guntur
menggelegar yang rasanya seperti sangat dekat dengan telinga. Kontroversi yang
menyertai fenomena hypnic jerks atau sleep starts antara lain apakah selalu
diawali dengan mimpi buruk seperti jatuh masuk jurang atau mengalami kecelakaan
yang mengerikan. Beberapa ahli mengatakan, fenomena ini terjadi sebelum masuk
fase REM (Rapid Eye Movement) yang artinya seseorang belum mulai bermimpi. Dugaan
lain mengatakan, hypnic jerks memiliki keterkaitan dengan riwayat stres dan
kegelisahan. Namun karena belum banyak penelitian yang dilakukan untuk
mengungkapnya, apa penyebab orang bangun dalam kondisi terkejut hingga kini
belum diketahui dengan pasti.

2. Hypnagogic Atau Narkolepsi
   
    Kalau yang ini, pernah gak kamu mengalami dimana ketika kamu
sedang tidur, tiba-tiba saja pas bangun kamu kok melihat dirimu sendiri (diri
kamu ada dua). Nah, bingung kan? Begini penjelasannya:
Hypnagogic atau Narkolepsi dalam bahasa awam, bisa dikatakan
sebagai serangan halusinasi saat sedang tidur, dimana penderitanya amat sulit
mempertahankan keadaan sadar. Hampir sepanjang waktu ia mengantuk. Rasa kantuk
biasanya hilang setelah tidur selama 15 menit, tetapi dalam waktu singkat
kantuk sudah menyerang kembali. Sebaliknya di malam hari, banyak penderita
Hypnagogic atau Narkolepsi yang mengeluh tidak dapat tidur. Gangguan terjadi
pada mekanisme pengaturan tidur. Tidur, berdasarkan gelombang otak, terbagi
dalam tahapan-tahapan mulai dari tahap 1, 2, 3, 4 dan Rapid Eye Movement (REM.)
Tidur REM adalah tahapan dimana kita bermimpi. Pada penderita narkolepsi
gelombang REM seolah menyusup ke gelombang sadar. Akibatnya kantuk terus menyerang,
dan otak seolah bermimpi dalam keadaan sadar. Kondisi mimpi yang menyusup ke
alam sadar bermanifestasi sebagai halusinasi. Penderita narkolepsi biasanya
berhalusinasi seolah melihat orang lain di dalam ruangan. Orang lain tersebut
bisa dirinya sendiri, orang yang dikenal, teman, keluarga, sekedar bayangan,
hantu atau bahkan makhluk asing, tergantung pada latar belakang budaya
penderita.

3. Dream In Corporation

     Nah, kalau yang satu ini bisa bahaya kalau sampai kamu tidak
fahami. Sekarang pernah gak kamu mengalami saat didalam mimpi, kamu merasa
sangat haus sekali dan kamu minum terus menerus tetapi masih saja merasa
kehausan dan ketika kamu terbangun, gak taunya kamu memang merasa beneran haus
sekali? Atau saat didalam mimpi kamu merasa kepingin sekali buang air kecil
(pipis) dan begitu terbangun, eh ternyata kamu pipis beneran dikasur? Bahaya
kan? Begini penjelasannya:
Saat kita sedang tidur, sebagian fungsi organ tubuh kita
dinonaktifkan oleh otak kita. Ini maksudnya adalah supaya ketika kita sedang tidur,
organ-organ tersebut tidak ikut bergerak mengikuti gerakan pada mimpi kita.
Namun, ada pengecualian tertentu. Salah satunya adalah saat dimana beberapa
kebutuhan biologis kita sedang on-fire atau lagi memuncak. Kebutuhan biologis
ini bisa berupa rasa haus, rasa ingin buang air, rasa lapar, nafsu seksualitas
dan lain sebagainya. Kebutuhan-kebutuhan biologis tersebut ternyata mampu
menguasai hampir separuh dari impuls-impuls saraf pada otak kita sehingga
dengan dorongan yang sangat kuat tadi mampu membuka ‘lock’ dari fungsi organ
tubuh kita yang sebelumnya sudah dinonaktifkan. Alhasil, apa yang kita rasakan
saat sedang mimpi, langsung diteruskan melalui neuron-neuron sensorik otak ke
neuron-neuron motorik kita sesuai dengan rangsang yang diterjemahkan. Nah, hal
inilah yang disebut dengan istilah Dream In Corporation. Dream In Corporation
juga sekaligus jawaban mengenai penyebab adanya mimpi basah, mengompol serta
gerakan mengunyah saat sedang tidur.

4. Precognitive Dream

    Pernahkah kamu bermimpi pada suatu hari dan mimpi kamu menjadi
kenyataan pada hari berikutnya ? Pernahkah kamu memimpikan terjadinya sebuah
bencana dan bencana tersebut benar-benar terjadi pada hari-hari berikutnya ?
Nah, fenomena inilah yang disebut dengan Precognitive Dream, mimpi yang berubah
menjadi kenyataan. Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan
penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra-indra lain dalam tidur,
terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM
sleep). Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi
takut dalam mimpi buruk. Ilmu yang mempelajari mimpi disebut oneirologi. Mimpi
adalah komunikasi antara tubuh, pikiran dan jiwa kita. Tau gak sebenernya
sepanjang waktu kita bermimpi meski saat kita lagi bangun, cuma proses itu
berlangsung di alam bawah sadar kita.

SEMOGA  BERMANFAAT KAWAN ^_^

15 komentar

  1. Oww...
    Gitu kawan yah...
    fenomenanya menakjubkan...

    ReplyDelete
  2. banner saya kok ilang ya??? :/

    http://lutfimoduscrew.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Blog walking :D
    tukeran banner yuk gan :D
    Comment back http://sky-street.blogspot.com/2013/06/banner-skystreet-update.html

    ReplyDelete
  4. Nice posting bro !
    comment back! http://dovinize.blogspot.com/2013/06/cara-hack-billing-warnet.html

    ReplyDelete
  5. Nice posting bro !
    comment back! http://dedisinaga123.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. Kerenn :D
    Komen Baliknya Di Tunggu ^_^
    http://srgamesgamer.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. nice info gan ^_^.ternyata itu ya fenomenanya :v.

    ReplyDelete
  8. okeee makasih ^_^
    SRGames : siapp dipasang gann ^_^
    Sky Streeet : oke dipasang balik ^_^

    ReplyDelete
  9. Terkejut saat tidur sering ak alami... (tanda2 stress ya) dan itu tdk menyenangkan..

    ReplyDelete
  10. Terkejut saat tidur sering ak alami... (tanda2 stress ya) dan itu tdk menyenangkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. memangg saya juga ><
      jan lupa kunjungi blog baru saya http://shinichi-mr.blogspot.com

      Delete
  11. Kunjung balik gan dixfile.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. saya pernah melihat diri saya sendiri sedang makan tengah malam, esok paginya saya pikir itu hanya mimpi tp ketika saya bertanya pada ibu, ibu saya pun bilang kalau saya memang makan banyak tadi malam, tapi saya melihat raga saya sendiri, jiga arwah saya yang melihatnya terus yang ada di raga saya siapa??, trims

    ReplyDelete

Copyright © 2013 RDHWAN | Dark-Uchiha Blogger Template Powered by Blogger | Created by Renadel DapizeANDMuhammad faisal | Ori. BRS-bt Djogzs | All Rights Reserved